Cara Membuat Blog

blogger templates
Assalamu'alaikum wr wb

Aktivitas ngeblog makin digemari pengguna internet. Melalui blog, seseorang bisa menuangkan ide atau pemikiran apa saja untuk dipublikasikan di internet. Asyiknya, ini bisa dilakukan tanpa harus memiliki sebuah website. Blog digemari karena sangat sederhana dan mudah dikelola oleh siapa pun. Selain itu, banyaknya penyedia layanan blog gratis membuat orang semakin berminat memilikinya. Oleh sebab itu saya di beri tugas oleh Bapak Sopyan untuk mempublikasikan tentang cara - cara membuat blog. Saya ambil contohnya di situs www.blogger.com

Berikut panduan praktis, cepat, dan ringkas mengenai cara membuat blog di situs layanan blog gratis Blogger.com.

Mendaftar dan Membuat Blog di Blogger.com
Blogger.com adalah layanan blog gratis milik Google. Selain Blogger, layanan blog gratis lain yang diminati orang adalah Wordpress.com. Blogger sendiri disukai karena terintegrasi dengan beragam fitur dan layanan Google lainnya.
Langkah membuat blog di Blogger :
1. Buka situs http://www.blogger.com.
2. Untuk memudahkan Anda, pastikan pada kotak Bahasa:
terpilih Indonesia. Klik tombol Buat Blog yang tersedia.

3. Lengkapi formulir. Ketikkan alamat email yang Anda miliki pada dua kotak isian. Ketikkan dua kali password yang akan Anda pakai. Tuliskan nama Anda. Masukkan huruf acak yang ditampilkan. Tandai kotak Saya menerima Persyaratan dan Layanan. Klik Lanjutkan.
4. Jika tidak ada kesalahan pengisian, maka muncul halaman pembuatan blog. Isikan Judul Blog dan Alamat Blog yang Anda inginkan. Anda akan memperoleh alamat blog dengan susunan sebagai berikut:
http://namablog.blogspot.com.
5. Klik Cek Ketersediaan untuk memastikan alamat blog belum dipakai orang. Jika sudah dipakai, coba alamat lain lalu cek lagi. Jika tersedia, klik Lanjutkan.
6. Kini muncul pilihan template atau tema tampilan blog. Pada salah satu tema yang Anda inginkan, klik link Pratayang Template untuk melihat bagaimana wajah blog Anda nantinya jika memakai template tersebut. Tentukan pilihan, lalu klik Lanjutkan. Tidak perlu ragu, Anda dapat mengganti template kapan saja jika sudah bosan.

7. Blog telah jadi. Anda dapat langsung membuat posting pertama atau mencoba melihat tampilannya dulu di alamat
http://namablog.blogspot.com.

8. Untuk menuntaskan pendaftaran, periksa email Anda. Sebuah pesan email berjudul Verifikasi Email Google akan Anda terima. Klik sebaris link yang ada di dalam pesan email untuk mengaktifkan akun dan memverifikasi alamat email Anda. Kini blog siap dipakai.

Membuat Posting
Untuk mulai mengisi artikel pada blog Anda, lakukan langkah sebagai berikut:

1. Jika Anda masih di halaman pendaftaran, klik tombol Mulai Blogging. Jika tidak, maka login ke http://www.blogger.com lalu isikan alamat email dan password yang telah Anda buat. Setelah masuk di Dasbor, klik tombol Entri Baru.
2. Pada halaman pembuatan Posting, berikan Judul posting, lalu ketikkan isi artikel Anda. Gunakan toolbox di atas kolom isian artikel untuk mengatur ukuran huruf, format teks, menyisipkan link, atau memasang gambar dan video.

3. Contoh, untuk memasang gambar dari komputer, klik tombol Tambah Gambar. Di jendela Unggah Gambar, tekan Browse, lalu pilih file gambar dari komputer. Anda pun bisa mengatur posisi dan ukuran gambar. Setelah siap, klik kotak Saya menyetujui Persyaratan Layanan, lalu klik Unggah Gambar. Setelah diproses, klik Selesai untuk kembali ke jendela pembuatan Posting. Terlihat gambar sudah muncul di sana.
4. Anda dapat menggolongkan tema setiap posting dengan memberinya Label. Ketikkan label di kotak Label untuk entri ini. Label berupa kata kunci tema, misalnya internet. Anda bisa mengetik beberapa kata kunci sekaligus. Pisahkan penulisannya dengan tanda koma, seperti belajar, internet, blogging. Daftar label nantinya memudahkan pembaca mencari posting Anda dengan tema tertentu.

5. Setelah semua selesai, publikasikan posting Anda. Klik Terbitkan Entri.
6. Untuk melihat hasilnya, klik link Lihat Blog (di jendela baru). Posting Anda telah selesai dan siap dibaca atau dikomentari pengunjung.

7. Jika kurang puas, edit posting tersebut dengan klik pada link Edit entri.
Anda nanti bisa mengedit posting lama di menu Posting > Edit Entri, lalu klik Edit pada posting yang Anda tuju. Demikian juga, untuk menghapus sebuah posting, klik link Hapus di bagian kanan posting yang Anda maksud.

Mengatur Blog
Selain membuat, mengedit, atau menghapus posting, Anda bisa mengatur setting blog secara keseluruhan. Klik menu Pengaturan, lalu pilih tab berikut :
Dasar: untuk mengedit Judul blog atau menambahkan Uraian singkat pada blog Anda. Bagian lain biasanya tidak perlu diedit, karena sudah terisi nilai yang umum dipakai. Klik Simpan Setelan.
Publikasikan: untuk mengganti alamat blog. Ini tidak perlu diubah, kecuali Anda benar-benar ingin berganti alamat blog.
Format: untuk menata jumlah posting yang ditampilkan di halaman utama, format waktu dan penanggalan, serta pemilihan bahasa menu blog.
Komentar: untuk menentukan bagaimana pengunjung berkomentar di posting blog.
Arsipkan: untuk mengatur frekuensi tampilan arsip di halaman blog Anda, apakah tahunan, bulanan, atau harian.
Feed Situs: untuk menetapkan ijin berlangganan dan cara penyajian feed blog Anda. Feed adalah fitur yang memungkinkan orang lain membaca atau me-relay update posting Anda tanpa harus mengakses langsung ke blog Anda.
Email & Seluler: untuk mengisikan daftar alamat email rekan agar mereka mendapat kiriman setiap kali Anda membuat posting baru. Anda juga dapat memposting ke blog Anda via email, caranya dengan mengatur alamat email khusus pada Opsi Pengeposan.
OpenID: untuk melihat URL OpenID Anda. OpenID adalah ID yang bisa digunakan sebagai identitas global untuk login ke berbagai situs yang menerapkan fitur login OpenID. Anda juga bisa mengijinkan orang mengisi komentar di blog Anda menggunakan OpenID mereka.
Izin: untuk menetapkan rekan yang bisa login ke blog Anda, agar bisa turut mengisi posting di blog Anda.

Menata Layout
Selain memposting dan mengatur setting blog, Anda juga dapat menata layout blog, misalnya menambahkan elemen, mengubah warna dan huruf, atau mengganti template. Klik menu Tata Letak untuk menata layout.

1. Di Elemen Halaman, Anda dapat menambahkan elemen baru. Klik link Tambah Gadget di posisi yang tersedia.
2. Pada jendela pilihan gadget, klik salah satu elemen yang tersedia, misalnya Kotak Penelusuran.
3. Atur settingnya, misalnya untuk kotak penelusuran berikan judul dan tab pencarian. Perhatikan pratayangnya, klik Simpan jika cocok.

4. Kini elemen baru muncul di jendela Elemen Halaman. Klik Lihat Blog untuk memeriksa hasilnya.

5. Anda bisa menata ulang posisi elemen dengan mendrag kotak elemen dan menempatkannya di lokasi lain. Klik Simpan dan lihat perubahannya di halaman blog Anda.
6. Di Font dan Warna, Anda bisa mengganti-ganti jenis font dan warna dasar blog. Perhatikan perubahannya pada kotak pratayang yang ada di bawah. Jika cocok, klik Simpan Perubahan.

7. Di Edit HTML, Anda dapat mengutak-atik kode HTML, yaitu kode pemrograman halaman blog. Anda harus paham dasar-dasar HTML untuk melakukan hal ini.

8. Di Pilih Template Baru, Anda dapat mengganti tema tampilan blog dengan pilihan tema baru yang tersedia.

Selamat mencoba !

Wassalamu'alaikum wr wb









2 Responses to "Cara Membuat Blog"

  1. mohon bantuannya master. bagimana caranya mengembalikan tta letak pada dasbor blogger saya soalnya tata letaknya hilang dan digantikan dengan diuangkan

    BalasHapus
  2. Coba ganti pake template clasic yang di berikan blogger dulu

    BalasHapus