Cara Mudah Menghindari Spam

blogger templates
Masalah email spam pasti pernah mengganggu Anda. Sebagus dan seketat apa pun security email yang Anda gunakan pasti pernah mengalami masalah tersebut.  Ada berbagai jenis bentuk email spam yang sering dijumpai, salah satunya adalah iklan yang menawarkan obat, pekerjaan, dan beberapa jenis iklan lainnya.
Image
Contoh folder Spam yang ada pada salah satu layanan email
Anda pasti bingung, bagaimana cara spammer (julukan bagi penjahat dalam dunia cyber yang khusus bergerak dalam bidang spam) mengetahui alamat email Anda. Bagi Anda pemilik website, pastilah Anda menyantumkan alamat email di website Anda. CHIP menyarankan Anda untuk mengubah lambang @ pada email Anda menjadi at. Contoh zxy@mm.comThis e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it menjadi zxy[at]mm.com. Dengan cara tersebut email Anda tidak akan terdeteksi oleh bot pencari email yang dipasang oleh para spammer. Hal tersebut juga berlaku bagi Anda yang gemar menaruh alamat email Anda di beberapa website atau forum.

Selain menggunakan cara tersebut, CHIP akan memberikan beberapa tips yang dapat membantu Anda menghindari spam. Selamat mencoba!

1. Pada email spam yang berisi iklan, biasanya tersedia link yang harus Anda klik. Pikir seribu kali sebelum Anda mengklik link tersebut karena kemungkinan besar link tersebut malah mengarahkan Anda menuju hal yang lebih berbahaya, seperti virus atau worm. Jika Anda mengklik link tersebut, Anda berarti telah membantu spammer tersebut mengidentifikasi email Anda sebagai email yang valid dan akan memasukan alamat email ke dalam database. Tentu Anda tinggal menunggu email spam yang semakin banyak di Inbox Anda.

2. Jangan membuka email dari orang yang tidak dikenal, apalagi bila disertai dengan judul email yang mencurigakan. Anda akan sangat beruntung apabila email tersebut tidak berisi virus, namun akan sangat menyulitkan bila email tersebut berisi virus atau worm. Apabila Anda sudah kepalang basah membuka email tersebut dan ternyata berisi virus, segera basmi virus tersebut menggunakan antivirus yang Anda percaya. APabila tidak berisi virus, segera hapus email tersebut. Jangan direply, karena spammer dapat memasukkan email Anda ke dalam database mereka. 

3. Apabila Anda ingin mendaftarkan diri pada sebuah forum, sebaiknya Anda menggunakan email secondary Anda yang jarang digunakan.

4. Lebih baik, Anda memberikan alamat email Anda hanya pada orang yang telah Anda percayai.

5. Cara termudah adalah dengan menggunakan program anti spam, namun tidak selamanya program tersebut mampu menahan email spam. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda terus waspada.

Sumber : www.chip.co.id



0 Response to "Cara Mudah Menghindari Spam"

Posting Komentar