Praktis Bikin CD Bootable

blogger templates

Dulu, kalau mau bikin CD bootable, Anda mesti membuatnya melalui disket. Pertama-tama, Anda harus membuat startup disk, lalu disket tersebut dibuat image-nya ke dalam CD. Cara ini selain merepotkan juga membutuhkan floppy disk yang masih bagus.

Untuk mengatasi hal tersebut, Nero Burning ROM menyediakan file image dari startup disk yang biasa digunakan di Windows. Pembuatan startup disk ini tidak lagi memerlukan disket.

Begini cara membuat bootable CD di Nero:
1. Jalankan Nero Burning ROM. Di jendela New Compilation, pilih CDROM – (Boot).
2. Di dalam tab Boot, pilih Image File. Secara default, ia akan menuju ke folder -Program Files-Nero-Nero 9-Nero Burning ROM-DosBootimage.IMA. Jika tidak ada, klik <Browse...>, lalu cari file bernama DosBootimage.IMA. File inilah yang merupakan emulasi atau image dari startup disk. Beri checklist pada “Enable expert setting”, lalu klik New.
3. Langkah selanjutnya sama seperti proses burning biasa.

Untuk mencobanya, setelah selesai dibakar, restart dulu PC Anda lalu coba booting melalui CD. Salah satu keuntungan membuat bootable CD dari Nero ini, sistem bisa membaca partisi NTFS dari DOS. Sebagai informasi, pada startup yang biasa dibuat oleh Windows, hanya partisi FAT yang bisa dibaca. Sedangkan untuk membaca NTFS dari DOS, Anda harus meng-instal program lain seperti NTFS Floppy keluaran LSoft Technologies.

sumber: tekno.kompas.com


0 Response to "Praktis Bikin CD Bootable"

Posting Komentar