Sepuluh Hal Yang Wajib Diketahui Tentang Derby D'Indonesia Antara Persib & Persija

blogger templates



Perseteruan antara Persib Bandung dan Persija Jakarta akan terus warnai pentas sepakbola nasional. Apa saja hal yang menarik dari duel Derby D'Indonesia ini? 

Duel penuh gengsi dan emosi dipastikan akan kembali terjadi di pentas sepakbola nasional akhir pekan ini, ketika Persib Bandung menjamu Persija Jakarta, pada laga lanjutan putaran pertama Superliga 2009/10.

Ya, jika tidak terjadi perubahan waktu dan tempat, bentrok dua tim papan atas yang sarat aroma rivalitas ini akan tersaji di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Sabtu (9/1) mendatang.

Menarik untuk disimak memang, karena pertemuan dua tim ini tidak hanya memanas di lapangan hijau yang melibatkan pemain dari dua kesebelasan. Tapi juga kehebohan suporter kedua tim dalam menyambut duel panas tersebut.

Bisa dipastikan, banyak drama yang akan kembali tersaji pada pertemuan dua tim itu. Sepuluh hal yang wajib diketahui di antaranya adalah:

10. Jika saja pertandingan antara Persib dan Persija jadi dihelat di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, ini untuk pertama kalinya stadion milik Pemkab Bandung menghelat laga bergengsi Derby D'Indonesia. Maklum karena selama ini Persib berkandang di Stadion Siliwangi, Kota Bandung.

9. Dari data menunjukkan, sejak sepakbola nasional memasuki era profesional seiring dengan digulirkannya Liga Indonesia pada musim kompetisi 1994/95, Persija mampu unggul jauh dari rival beratnya tersebut. Dari 21 kali bentrok, tim berjuluk "Macan Kemayoran" mampu membukukan 13 kemenangan. Sedangkan Persib hanya meraih tiga kali kemenangan, dan sisanya berakhir imbang.

8. Keperkasaan Persija Jakarta di era sepakbola profesional memang terbilang lumayan. Itu setelah mereka mampu lima kali mempermalukan Persib di hadapan publiknya. Sementara "Maung Bandung", baru sekali menang di kandang Persija. Sayang karena hal itu dilakukan saat Persija terusir dari ibukota dan harus memainkan laga kandangnya di Stadion Gajayana, Malang, menyusul dibekukannya izin menggelar pertandingan sepakbola di Jakarta karena bertepatan dengan pesta demokrasi di tanah air.

7. Persib pernah menolak memainkan laga di kandang Persija pada 4 September 2005 dan memilih pulang ke Bandung. Alasannya, karena merasa tidak aman untuk menuju Stadion Lebak Bulus yang sudah dipenuhi puluhan ribu pendukug Persija, yang meluber hingga ke pinggir lapangan. Akibatnya, Persija diberi kemenangan 3-0 atas rivalnya tersebut. 

6. Budi Sudarsono dan Atep adalah pemain yang pernah menyakiti hati Persib ketika keduanya masih berbaju Persija Jakarta. Bahkan Budi tercatat pernah dua kali menjebol gawang Persib, salah satunya dari bola fair play yang mestinya tidak boleh dilakukan dan membuat ia sangat dibenci kala itu. Tapi saat ini, kedua pemain tersebut justru menjadi pilar Persib di pentas Superliga 2009/10.

5. Gelandang Persib Eka Ramdani dan winger Persija Ismed Sofyan adalah dua pemain yang pernah merasakan rivalitas suporter. Eka dihantam pendukung Persija sedangkan Ismed nyaris celaka setelah terkena lemparan mercon Bobotoh. Hal ini yang membuat aparat keamanan dipastikan selalu melipatgandakan personelnya, dan membekali mereka dengan perlengkapan anti huru-hara.

4. Ingin menekan kerusuhan suporter panpel Persib Bandung pernah melakukan hal yang tidak lazim, yakni dengan mencampur pemain Persib dan Persija dalam satu bus menuju stadion. Hal ini dilakukan dengan harapan bisa meminimalisir teror terhadap pemain Persija saat memasuki stadion. Tidak hanya itu, sebelum kick-off acara seremonial bertukar cenderamata pun dilakukan dengan tujuan ingin menunjukkan kepada Bobotoh, penggemar berat Persib, jika timnya sudah akur dengan Persija. Tapi tetap saja Bobotoh berulah. Laga ditunda hingga 30 menit karena terjadi kerusuhan di semua tribun penonton.

3. Pemain dari kedua tim pernah tergeletak di tengah lapangan saat aparat keamanan mencoba menghalau kerusuhan dengan menembakkan gas air mata, ketika suporter Persija mencoba merangsek ke tribun yang ditempati Bobotoh di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Naas kala itu, angin bertiup ke arah lapangan yang justru membuat pemain yang terkapar.

2. Arcan Iurie Anatolievici adalah salah satu pelatih yang pernah menukangi Persija dan Persib di tengah kerasnya rivalitas kedua tim. Hebatnya, pelatih asal Moldova ini mampu diterima dengan baik di Persib setelah didepak Persija. Ia bahkan mengakhiri masa dudanya dengan wanita priangan, yang membuat keberadaannya di Persib semakin diterima.

1. Perseteruan antara Bobotoh dan pendukung Persija dimulai dari dunia maya dengan saling olok melalui laman masing-masing. Sayang tidak diketahui siapa yang lebih dahulu memulai. Yang pasti, berawal dari situ hingga akhirnya berujung pada bentrok fisik yang melibatkan kedua kelompok suporter tersebut.

Sumber : www.goal.com



3 Responses to "Sepuluh Hal Yang Wajib Diketahui Tentang Derby D'Indonesia Antara Persib & Persija"

  1. Mantap postingannya gank. aku juga suks Bola terbukti dengan postingan ku di blog di tunggu mampirannya ya

    BalasHapus
  2. Moga-moga aja SEPAK BOLA INDONESIA berkembang sampai ke DUNIA...
    Soale saat ini yang terkenal cuman TAWURAN nya.....
    Ha...ha..ha.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus