Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

blogger templates
1.     Kenapa Kita Harus Perduli Terhadap IT ??
Dizaman sekarang ini penggunaaan IT sudah tidak dapat dihindari lagi atau sudah tidak terpisahkan.  Selain itu juga supaya kita dapat belajar menganalisis sesuatu dan membuat keputusan yang lebih baik.
2.     TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi )
TIK yang semula merupakan pilihan, sekarang menjadi kebutuhan. Contohnya seperti :

  • Hp ( sellular ) yang mulai dikenal dari tahun 1988 yang merupakan pilihan dan bukan suatu kebutuhan. Pertama kali dikeluarkan oleh Motorola 8000x ( Dynatac ) yang systemnya masih analog dan mudah disadap. Hingga tahun 1994 penggunaan Hp masih tetap hanya menjadi pilihan. Dan tahun 1998  lebih tepatnya pada saat kerusuhan yang terjadi di Indonesia, saat itu merupakan titik balik dimana penggunaan Hp yang tadinya merupakan pilihan menjadi kebutuhan.

  • Notebook dahulu juga merupakan pilihan dan sekarang juga berubah menjadi suatu kebutuhan.
beberapa contoh diatas membuktikan bahwa penggunaan IT semakin lama akan semakin berkembang begitu juga dengan penggunaannya.
3.         Dampak Negatif  TIK
  1. Information Anxiety ( Information Overload  ) atau kelebihan informasi yang menyebabkan kita tidak dapat memilah / memfilter / menyaring mana informasi yang penting dan yang tidak penting, dan dapat menyebabkan informasi yang tidak terkontrol dan tidak dapat dipastikan kebenarannya.
  2. Dehumanization, yaitu hilang / turunnya penghargaan atas seseorang sebagai individu, dan digantikan dengan sederet angka .
  3. Health Issues ( Issue Kesehatan ), penggunaan BTS dan Elektromagnetis yang dapat mengganggu kesehatan pengguna dan dapat menyebabkan banyak penyakit seperti persendian, kanker dan lain - lain.
  4. Lost of Privacy ( Hilangnya Prifasi ), karena kegiatan / aktifitas dapat tersadap bahkan dari penggunaan kartu kredit sekarang ini dapat diketahui segala sesuatu tentang pribadi seseorang. Bahkan dengan pemasangan chip yang sedemikian kecilnya hingga seukuran sebutir beras yang mulai diterapkan untuk dipasang / ditanam dalam tubuh manusia akan membuat atau menjadikan manusia - manusia yang transparant. Dan ingat..HILANGNYA SUATU PRIVACY MERUPAKAN SUATU YANG MAHAL
  5. Cookies ( Informasi Digital dari Internet ), informasi yang ditinggal / tertinggal dalam internet yang dapat disalahgunakan.
  6. Digital Gap, kesenjangan yang terjadi terhadap para pengguna IT dan mereka yang tidak menggunakan IT. Mereka yang sadar IT akan terus berkembang dan mereka yang tertinggal akan semakin tertinggal.
  7. Possible Massive Unemployment, penggunaan atau peng-implementasian TIK dalam kehidupan sehari - hari akan membuat semakin banyaknya pengangguran baik itu melalui PHK ataupun yang lainnya.
  8. Impact on Globalization on Culture, makin menipisnya nilai - nilai budaya lokal akibat pengaruh globalisasi.  Salah satu contohsederhananya yaitu seberapa baikkah kemampuan bahasa daerah kita dibandingkan dengan bahasa asing ??
4.     Kesimpulan
sebaiknya sebelum kita memutuskan untuk  menggunakan peralatan  berbasis TIK lakukanlah analisis dampak dengan seksama dan menyeluruh terlebih dahulu untuk menunjang  pengambilan keputusan.


dikutip dari http://yesu.dagdigdug.com/2009/10/07/dampak-negatif-penggunaan-teknologi-informasi-dan-komunikasi/

5 Responses to "Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi"