PERANG BINTANG: Persija vs Persib

blogger templates


M Yasir vs Markus Haris Maulana
Kehadiran mantan kiper timnas U-23 di bawah mistar gawang Persija memang sedikit melegakan. Terlebih karena kiper berkepala plontos ini dalam beberapa penampilan mampu menujukan grafik permainan yang lumayan. Refleksnya yang masih sempurna menjadikannya sebagai sosok yang tangguh saat berdiri di bawah mistar.

Tak heran jika pelatih Benny Dolo memberikan kepercayaan penuh kepadanya untuk mengawal mistar gawang Persija. Tapi menghadapi Persib Bandung, ia dipastikan bakal bekerja keras. Maklum saja karena lini depan Maung Bandung dikenal cukup "haus gol". Terlebih karena tim lawan sudah menyatakan tekadnya untuk meraih kemenangan, guna membayar kesalahan saat dikalahkan PSPS Pekanbaru di laga sebelumnya.

Sementara itu, di bawah mistar gawang Persib tidak kalah garangnya dengan kehadiran kiper nomor satu nasional Markus Haris Maulana cukup melegakan. Maklum saja karena mereka baru saja kehilangan kiper asal Thailand Kosin, yang harus kembali ke negaranya karena masa peminjamannya berakhir.

 Herman Abanda vs Nova Arianto Ketangguhan defender asing Persija Jakarta dalam mengawal lini pertahanan tidak bisa diragukan. Hal ini pula yang membuat ia menjadi satu-satunya pemain asing musim lalu yang masih berbaju Persija, setelah manajemen Macan Kemayoran melakukan perombakan tim dengan mendepak semua pemain asingnya.

Tidak hanya kuat dalam bertahan tentunya, sebab pemain asing asal Kamerun ini kerap menjadi penentu kemenangan timnya dengan mencetak gol memanfaatkan umpan sepakpojok. Postur yang cukup ideal sebagai seorang pemain belakang membuat ia bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Hanya saja, ia sedikit bermasalah dengan kecepatan sekiranya menghadapi striker yang cukup gesit.

Ketangguhan lini belakang juga dimiliki Persib Bandung dengan kehadiran beberapa defender timnas senior Indonesia. Salah satunya adalah Nova Arianto, yang selalu menjadi andalan pelatih Jaya Hartono untuk mengamankan lini belakang.

Sama dengan Abanda, defender yang sering dipanggil rekannya di Persib dengan suster ngesot, menyusul selebrasi yang sering ia lakukakan ala suster serial televisi itu setiap usai mencetak gol, cukup lihai menjebol gawang lawan dengan memanfaatkan umpan sepakpojok.

 Firman Utina vs Eka Ramdani Akselerasi dan daya jelajah tinggi dari gelandang serang Firman Utina kembali akan diuji saat timnya menjamu Persib Bandung. Maklum saja karena sejak kepindahannya dari Pelita Jaya, lini tengah Persija kembali hidup, yang membuat tim ibukota ini terus mampu menuai kemenangan.

Menariknya, karena Firman tidak hanya piawai dalam memberikan umpan terukur kepada pemain depan. Tapi dia juga cukup handal dalam urusan menjebol gawang lawan. Tak heran, meski baru bergabung, ia sudah membukukan namanya di papan skor pencetak gol Persija.

Tapi kinerja Firman dipastikan tidak akan bisa berjalan mudah saat bentrok dengan Persib. Hal itu karena dia harus berhadapan dengan gelandang tim tamu yang tidak kalah mobile-nya Eka Ramdani. Rekan Firman di timnas ini bahkan dipastikan akan menjadi lawan berat di lini tengah.

 Bambang Pamungkas vs Cristian Gonzales Kemampuannya menggoyak gawang lawan dalam beberapa laga terakhir memang sedang meredup. Tapi bukan berarti bomber Persija Jakarta ini bisa dibiarkan bebas berkeliaran di kotak penalti. Sebab, sesungguhnya dia masih cukup berbahaya dan patut di waspadai.

Bagaimana pun, statusnya sebagai striker utama timnas senior hingga saat ini belum tergantikan. Karena itu, membiarkan dia bebas bergerak adalah satu kesalahan besar. Hanya saja, saat bentrok dengan Persib, dia diprediksi bakal sulit menembus pertahanan lawannya tersebut.

Maklum saja karena lini belakang Maung Baudng dihuni rekannya di timnas senior sehingga sudah pasti mereka mengetahui secara pasti tipe permainan dia. Sekaligus bagaimana mematikannya agar tidak bisa mencetak gol.

Sebaliknya, bomber Persib yang sempat meredup di beberapa laga saat ini sudah mulai menunjukan ketajamannya. Itu bisa dilihat saat mencetak hat-trik ke gawang Persema Malang pekan lalu. Sayang saat dikalahkan tuan rumah PSPS Pekanbaru di laga sebelumnya, dia gagal mencetak gol.

 
Benny Dolo  vs Jaya Hartono
Kredibiltas Benny Dolo sebagai mantan pelatih timnas senior Indonesia akan diuji, saat timnya bentrok dengan Persib Bandung, pada laga lanjutan putaran kedua Superliga 2009/10. Sejatinya, laga ini memang harus dimenangkan anak asuhnya. Terlebih karena tampil di kandang.

Tapi kemampuan meracik tim belum tentu ia bisa lakukan dengan baik dan mengalahkan apa yang akan dipersiapkan pelatih Jaya Hartono. Adu strategi kedua pelatih ini pun dipastikan akan menjadi andalan bagi keduanya untuk bisa meraih poin. Sebab, hanya mereka yang memiliki strategi jitu yang dipastikan bisa tampil sebagai pemenang.

Menariknya, karena keduanya tidak mampu membuat tim tangguh yang sulit terkalahkan. Terbukti, Persija sudah beberapa kali tersungkur. Teranyar, mereka dipermalukan tamunya Persipura Jayapura. Hal yang sama bagi Persib, mereka pun baru saja digebuk tim papan bawah PSPS Pekanbaru.

0 Response to "PERANG BINTANG: Persija vs Persib"

Posting Komentar