Batik Tasik Memang Menarik

blogger templates
Tasikmalaya Blogging Competition 2013 - Hotel Santika | BATIK | Bicara tentang batik pasti yang pertama kali anda pikirkan adalah batik pekalongan yang sudah melegenda dimana-mana. Tapi jangan salah di Kota Tasikmalaya tercinta ini pun memiliki batik khasnya yang tidak kalah menarik dengan batik Pekalongan. Batik mulai pertama dikenal di daerah tasikmalaya pada zaman “Tarumanegara”. Pada masanya, kejayaan batik Tasik telah membuat kota ini dijuluki pusat industri batik di selatan Jawa Barat. 

Batik Tasik ini memiliki ciri warna-warna yang cerah karena pengaruh dari batik pesisiran. Motif batik Tasikmalaya sangat kental dengan nuansa Parahyangan, seperti bunga anggrek dan burung, itulah yang membuat Batik Tasik Memang Menarik. Selain motif tersebut ada juga motif Merak-Ngibing, Cala-Culu, Pisang-Bali, Sapujagat, dan Awi Ngarambat. Batik Tasik memiliki kekhususan tersendiri, yaitu bermotif alam, flora, dan fauna. Dan anda juga akan menemukan seribu satu motif batik Tasikmalaya lainnya, seperti akar, antanan, balimbing, guci latar batu, lancah tasik, awi ngarambat, sente, rereng daun peuteuy papangkah, tsunami udey, merak, calaculu, gunung kawi, kadaka, lamban samping, lancah sawat ungu, rereng orlet, renfiel, rereng sintung, manuk rereng peutey selong, manuk latar sisik, merak latar haremis, merak ngibing, parang, sidomukti payung, sisit naga, taleus sukaraja, dan turih-wajit-Limar.

Apabila ditinjau dari segi motif, batik Tasikmalaya juga memiliki kekuatan karakter tersendiri. Batik ini sangat terkenal dengan ragam hias flora dan fauna – nya. Hal ini sangat mencerminkan kondisi lingkungan yang ada di tanah sunda, khususnya. Ragam hias yang banyak digunakan antara lain, anggrek dan burung, merak ngibing (tari), kulit kayu, motif rereng (keserasihan), buah kopi, burung bangau, dan lainnya. Filosofi dari pencontohan motif dari alam  ini memiliki makna untuk selalu menjaga kelestarian alam sekitar.

Ya itulah yang membuat batik tasik memang menarik. Dan saya pun selalu memakai batik di saat kuliah bahkan jalan-jalan. Jadi Ayoo akang-akang teteh - teteh urang budayaken deui batik tasikmalaya (^_^).

Semoga dengan artikel yang saya buat ini yang berjudul  Batik Tasik Memang Menarik dapat menjadi juara di Tasikmalaya Blogging Competition 2013 yang di adakan oleh Hotel Santika. Dimana Tema dari tulisan ini adalah budaya batik tasikmalaya. Jangan lupa juga like add FB hotel santika di https://www.facebook.com/hotel.tasikmalaya dan follow twitternya di @santika_tasik.


0 Response to "Batik Tasik Memang Menarik"

Posting Komentar