13 Danau Terindah di Indonesia

blogger templates
Biroe88 | 13 Danau Terindah di Indonesia | Indonesia memiliki banyak danau yang indah. Beberapa di antaranya sangat unik dan tidak akan ditemukan di manapun.

Berikut adalah 13 Danau Terindah di Indonesia dari berbagai sumbe :

1. Danau Kelimutu
Danau Kelimutu sering juga disebut dengan Danau Tiga Warna, karena danau ini memiliki tiga warna yang berbeda. Uniknya warna air danau tersebut berubah-ubah seiring waktu berjalan.

Keunikan warna itulah yang membuat para wisatawan mengunjungi obyek wisata ini. Kelimutu sendiri merupakan gabungan dari kata “keli” yang berarti gunung, dan “mutu” yang berarti mendidih. Danau ini terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT. Untuk mencapai danau ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 45 km dari Ende atau 13 km dari Kampung Moni.

Saat ini Danau Kelimutu menyuguhkan pemandangan danau 3 warna yang pada waktu tertentu warnanya dapat berubah yaitu Warna Biru atau "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai" diyakini oleh penduduk setempat menjadi tempat berkumpulnya orang-orang meninggal di usia muda.

Warna Merah atau "Tiwu Ata Polo" diyakini menjadi tempat berkumpul arwah orang-orang yang semasa hidupnya sering melakukan perbuatan jahat. Sedangkan Warna Putih atau "Tiwu Ata Mbupu" diyakini oleh warga desa sebagai tempat berkumpulnya arwah-arwah leluhur mereka yang meninggal ketika mereka tua.

Selain itu, masyarakat setempat percaya bahwa danau tersebut adalah danau keramat dan memberikan kesuburan pada daerah sekitarnya. Maka tak jarang sering diadakan upacara adat di danau tersebut di mana masyarakat memberikan persembahan hasil bumi kepada arwah di danau tersebut.

Teks: Kompas.com

Gambar: pcruciatti/Shutterstock / Via quora.com

 2. Danau Cermin
Sudah pernah dengar Danau Cermin yang ada di Berau, Kalimantan Timur belum? Atau malah sudah pernah ke sana? Kalau kamu belum pernah ke sana, tempat ini bisa jadi tujuan wajib kamu saat kamu ada di Kalimantan!

Danau Cermin adalah danau dengan dua rasa, tawar di bagian atas, dan asin di bagian bawah karena bercampur dengan air laut. Air danau sangat jernih yang seakan menggoda kita untuk segera terjun dan merasakan segarnya air danau ini.

Teks: hipwee.com
Gambar: 2.bp.blogspot.com

 3. Danau Kakaban
 Kakaban terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kakaban adalah salah satu pulau dari Kepulauan Derawan yang dinominasikan sebagai Kawasan Warisan Dunia. Pulau Kakaban menarik wisatawan asing dengan beberapa keunikannya. Keunikan di Kakaban adalah danau yang terletak di tengah-tengah pulaunya.

Danau Kakaban adalah sebuah danau air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban, ditambah dengan air dari tanah dan air hujan dari 2 juta tahun yang lalu. Danau ini merupakan danau prasejarah yang merupakan masa transisi Holosin. Luasnya sekitar 5 km ², berdinding tebing setinggi 50 meter, yang mengakibatkan air laut yang terperangkap tidak lagi bisa keluar, sehingga menjadi sebuah danau.

Yang menarik di sini, anda bisa berenang ditemani jellyfish...

Teks dan gambar: www.javabackpacker.blogspot.com/

4. Danau Beratan, Bedugul
Danau Beratan di Bedugul Bali, menyatu dengan pura dan pegunungan menyajikan pemandangan yang indah tiada tara.

Udara di sini juga senantiasa sejuk dengan pelukan kabut.

Gambar: explore-id.blogspot.com

5. Danau Paniai 
Danau Paniai terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Berada di ketinggian +/- 1700 mdpl. Danau Paniai diakui keindahannya oleh 157 utusan dari 157 negara ketika berlangsungnya Konferensi Danau Se-Dunia yang diadakan di India pada 30 November 2007. Danau ini dapat dicapai dari Kota Enarotali, melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan yang mampu melewati medan terjal dan berkelok-kelok, dan melalui jalur udara dengan menumpang pesawat AMA dan AMAF jenis Cessna yang bisa mendarat di dataran tinggi.
Teks: triphemat.com
Gambar: lightstalkers.org, copyright oleh fotografer Ulet Ifansasti

6. Danau Sentani
Danau Sentani adalah danau yang terletak di Papua Indonesia. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua.

Di danau ini juga terdapat 21 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini. Arti kata Sentani berarti “di sini kami tinggal dengan damai”. Nama Sentani sendiri pertama kali disebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin ketika melaksanakan misionaris di wilayah danau ini pada tahun 1898.

Danau ini sudah dikelola menjadi objek wisata karena berjarak 50 kilometer dari Jayapura dan mudah dijangkau, sebagai pelengkap di danau ini sudah banyak terdapat perahu wisata untuk berkeliling di danau sentani.

Di danau ini juga diadakan Festival Danau Sentani untuk menarik wisatawan. Festival Danau Sentani biasanya diadakan pada pertengahan bulan Juni tiap tahun, FDS sendiri telah ditetapkan sebagai festival tahunan dan masuk dalam kalendar pariwisata utama. Festival ini diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua.

Teks dan foto: 1998yazid.wordpress.com


 7. Danau Satonda
Saat perahuku berlabuh di teluk indah tepian sebuah pulau, aku menyangsikan diriku sendiri. “Bagaimana caranya aku menggapai pantai putih di seberang sedangkan tidak ada perahu sama sekali untuk membawa ke pinggir?”, begitu kataku. Sambil melemparkan pandangan ke sekeliling, mataku menangkap sebuah perahu kecil bermesin tergeletak di pinggir. Beberapa lama aku menunggu petugas datang menjemput, namun batang hidungnya tidak tampak. Sekian waktu aku menyaksikan indahnya teluk yang di pinggirnya dibentengi jejeran pantai berpasir putih serta deretan pepohonan teduh melambai menghiasi, sungguh indah. Tanpa sadar, segera aku ambil sandal gunungku dan kupasangkan di kedua tangan lalu….byur! Kuceburkan tubuhku ke air laut yang hangat, mengayuh kedua tangan berlapis sandal menuju pinggir pantai yang hanya berjarak 30 meter di hadapan. Sambil berenang perlahan, konsentrasiku teralih ke sensasi pemandangan lain. Tepat di bawahku, sekumpulan karang hidup meliak-liuk dibuai gelombang laut dan di sela-selanya berkelebatan ikan-ikan indah berwarna-warni. Menakjubkan!

Begitulah pengalaman menyenangkanku saat pertama kali menyentuh daratan Pulau Satonda. Pulau eksotis seluas 4.8 km2 ini terletak di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Pulau yang lebih dikenal wisatawan manca daripada wisatawan domestik ini dapat ditempuh dari Sumbawa Besar sejauh 8 jam perjalanan atau dari Kota Dompu yang memakan waktu 5 jam perjalanan plus penyeberangan laut...

Teks dan gambar: toekangbatoe.wordpress.com
 
  8. Danau Ranu Kumbolo
 Akhirnya tulisan “Selamat Datang di Danau Ranu Kumbolo” di papan yang sudah lapuk menyambut kedatangan kami, danaunya masih belum kelihatan karena tertutup oleh kabut tebal. Kamipun segera mencari lokasi yang cocok untuk berristirahat, walau sudah sampai di tujuan kita untuk hari ini namun bukan berarti kita langsung bisa beristirahat. Kami bagi tugas, yang cowok mendirikan tenda sedangkan yang cewek memasak untuk santapan malam kita...

Perlahan-lahan kabut mulai berkurang, perlahan-lahan keindahan danau seluas 8 hektar di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini mulai terlihat, matahari sudah tinggi. Pantulan matahari pagi membuat riak-riak air yang tertiup angin tampak seperti keemasan, kabut yang masih tersisa membuat nuansa mistis namun memabukan.
Air danau yang terlihat biru berbalut dengan padang sabana yang menguning dan pepohonan yang menghijau membuat mata tak henti-hentinya memandang ke segala penjuru, akhirnya diberi kesempatan juga untuk menikmati indahnya danau yang berarti “Ranu” dalam bahasa setempat ini...

Tanjakan Cinta menjadi ujian pertama ketika meninggalkan Ranu Kumbolo, ada mitos bahwa apabila kita naik sambil memikirkan orang yang kita sayang tanpa menoleh ke belakang maka kita akan bahagia. Namun pesona keindahan Ranu kumbolo menjadi godaan terberat, semakin tinggi kita naik semakin indah pula pemandangan yang kita lihat. Ah, nanti suatu saat saya harus kembali lagi ke sini. (backpackerborneo.com)

Gambar: exploringindonesia-reezank.blogspot.com/

Ingin tahu lima lagi Danau Terindah di Indonesia ? Klik Disini

0 Response to "13 Danau Terindah di Indonesia"

Posting Komentar