17 Buku Kontemporer Indonesia Yang Wajib Kalian Baca

blogger templates
Biroe88 | 17 Buku Kontemporer Indonesia Yang Wajib Dibaca | Wajar kalau ada pro-kontra terhadap 17 buku ini. Buku terbaik bukanlah buku yang selalu membuat kita setuju dengan isinya, tapi membantu meluaskan batas pemikiran kita. Berikut ke 17 buku tersebut :

1. Saman (Ayu Utami)

 
 Buku ini merupakan novel pertama Ayu Utami yang diikutsertakan dalam lomba Sayembara Novel yang diadakan Dewan Kesenian Jakarta. Sampai tahun 2011 sudah dicetak ke-28 kali, hal yang mampu mencetak rekor menandingi karya sastra seperti Siti Nurbaya karya Marah Rusli. Buku yang terlahir di zaman pra-reformasi, masih dalam kungkungan kekuasaan Orde Baru ini mampu memberi angin segar dalam keberaniannya mengungkapkan ide-ide krusial maupun kontroversial di mata penguasa pada waktu itu. Namun akhirnya buku ini diterima oleh masyarakat Indonesia, dan mendapat penghargaan Prince Claus Award tahun 2000...

 Dari segi tekstur bahasa, eksplorasi pilihan kata Ayu mampu membawa pembaca ikut hanyut dalam pusaran cerita, kepahitan, penderitaan tokohnya yang dimarginalkan. Meskipun karya ini terdapat sisi sensitif dan vulgar namun ranah fiksi adalah pengejawantahan dari kenyataan yang tidak perlu dibuktikan dengan data-data yang berada dalam dunia realita, hal ini cukup apa yang digambarkan dan dilukiskan merupakan representasi dari kehidupan individu-individu yang ada di dunia realita.


2. Negeri 5 Menara (A Fuadi)

 
Pondok pesantren bukanlah penjara. Pondok pesantren juga bukan rumah sakit. Tetapi Pondok pesantren adalah tempat untuk merubah sikap yang kliru menjadi benar sekaligus menyembuhkankan pikiran yang sakit, dan menyehatkan jiwa yang sembuh...

Walau tak pernah mondok, saya sendiri terksan dengan kisahnya. Kisah Alif ini persis plek dengan kisah saya pribadi yang sejak kelas 3 Kejuruan mengikuti pengajian di Majelis Talim yang disana kehidupannya boleh dibilang hampir mirip seperti kisah Alif. Bedanya kalau di Majelis Talim yang saya ikuti bila makan/minum sambil berdiri, nyerobot masuk kamar mandi tanpa permisi, tidak menggunakan pakaian putih dan tidak menggunakan rok waktu pengajian maka tidak dibebani hukuman/ tidak dijadikan jasus, tetapi dibiarkan saja dengan kesadaran sendiri.


3. 5cm (Donny Dhirgantoro)

 
“5cm” mempunyai banyak kelebihan seperti menggunakan bahasa yang mudah dipahami, memiliki alur cerita yang menarik, tidak hanya percintaan tetapi juga persahabatan dan kasih sayang. Pesan moral yang disampaikan pun sangat menarik sehingga mampu mengobsesi pembaca untuk mengejar semua impiannya agar menjadi kenyataan. Tokoh dalam cerita digambarkan pengarang dengan sangat jelas, melalui ciri-ciri fisik dan penggambaran sifat.
Kehebatan penulis terlihat saat menggambarkan dengan detail perjalanan mereka. Nuansa jiwa muda di 5 cm sangat kuat, semangat dan tekad yang selalu mengiringi langkah mereka. Sebuah novel yang dapat menambah motivasi dan kepercayaan diri untuk bisa meraih impian dengan bekal semangat dan tidak kenal lelah.
 

5. Ayat-ayat Cinta (Habiburrahman El Shirazy)

Fokus utama cerita ini sebenarnya adalah cinta. Tapi penulis membungkusnya dengan koridor islami. Klimaks konflik dimulai saat Fahri menikahi seorang wanita bernama Aisha, yang merupakan keturunan beberapa Negara yakni Palestina, Turki dan Jerman. Ia digambarkan sebagai wanita dengan mata yang menawan. Ia menggunakan cadar, cerdas, kaya, cantik dan semua sifat sempurna lainnya. Fahri yang anak seorang pedangang tape ketan cukup mendapatkan berkah luar biasa dengan menikahi seorang putri milyarder, si Aisha ini. Kisah kemudian bergulir pada sosok Maria, gadis cantik penganut Kristen Koptik yang merupakan tetangga Fahri. Dan, entah beruntung atau memang takdir penulis, ia membuat Maria jatuh hati pada Fahri. Perasaannya bahkan tak hilang sekalipun Fahri telah menikah. Selain Maria, ada pula Noura yang pada akhirnya menuduh Fahri hendak memperkosanya karena ia menolak cinta Noura. Klise memang, tapi toh cerita ini sanggup membuat banyak orang membeli buku ini.
 

 Ingin tahu 10 lagi buku kontemporer Indonesia yang wajib anda baca ? Klik Disini

0 Response to "17 Buku Kontemporer Indonesia Yang Wajib Kalian Baca"

Posting Komentar